Nama : I Made Riken Indra Putera
NIM : 1605551106
Mata
Kuliah : Aplikasi
Sosial Media
Dosen : I Putu Agus Eka Pratama, S.T.,
M.T.
Jurusan/Fakultas/Perguruan
Tinggi :
Teknologi
Informasi/Teknik/Universitas Udayana
Perkembangan
Teknologi Informasi yang sangat pesat telah mengakibatkan perubahan pola pikir
dan pola hidup manusia. Salah satunya pada bidang bisnis, dahulu manuisa
melakukan transaksi jula beli secara tatap muka atau bertemu langsung, karena
perkembangan tersebut manusia melakukan transaksi jual beli secara online dan
pembayaran elektronik digital.
Dalam mengenal bidang bisnis pada Social Media dan Social Network tentu ada bentuk terapanya di dalam Layanan OTT (Over The Top), E-Commerce dan M-Commerce.
1.0.0. Definisi Over The Top (OTT)
Over
The Top adalah aplikasi atau layanan yang berjalan pada jaringan komputer
khususnya internet yang terdapat pada Application Layer di 5 layer TCP/IP Forouzan
yang memiliki kekuatan utama pada konten berupa audio, video, dan teks.
1.1.0. Kategori Over The Top (OTT)
Di
dalam OTT (Over The Top) konten
merupakan kekuatan utama yaitu berupa teks, audio, video. Oleh karena itu OTT
dibagi menjadi tiga kategori, yaitu
Streaming Audio Video, Social Media & Social Network, dan Komunikasi (Teks,
Video, Audio).
1.1.1. Streaming Audio Video
Kategori
Streaming Audio Video merupakan kategori yang menekankan kepada jenis layanan streming
file multimedia audio dan video secara online kepada pengguna. Contoh dari
kategori ini seperti Youtube, Metaface, Viddler, Blip.tv, Vimeo, Sidereel.com, Tudou.com,
Veoh.com, Metatube, MyVideo.de , Dailymotion, dan masih banyak lagi contoh yang
termasuk dalam kategori Audio Video.
1.1.2. Social Media dan Social
Network
Di
artikel sebelumnya sempat dibahas mengenai Social Media dan Social Network. Kategori
Social Media dan Social Network menekankan pada layanan media sosial dan
jejaring sosial. Pada layanan ini orang-orang dapat saling berinteraksi, bertukar
data dan informasi di dalamnya. Sudah banyak layanan Social Media dan Social
Network yang berbasis OTT. Contohnya dalam penggunaan Facebook, Twitter,
Instagram, Path, Mindtalk, MySpace, Google+, Plurk dan masih banyak contoh dari
penggunaan Social Media dan Social Network.
1.1.3. Komunikasi (Teks, Audio,
Video)
Kategori
Komunikasi merupakan kategori yang menekankan kepada jenis layanan teks, audio,
dan video secara online. Contoh dari ketagori komunikasi yaitu, Line, WeChat,
Whatsapp, Telegram, KaKao Talk, dan masih banyak contoh lain dari kategori ini.
1.2.0. Bisnis
Bisnis
dalam OTT (Over The Top ) berkaitan
dengan Iklan, Kerja sama dengan Telco/Provider, Kerja sama dengan Perusahaan
lain (Non Telco), dan Kerja sama dengan Pemerintah. Berikut adalah penjelasan
dari keempat kaitan dalam bisnis di OTT.
1.2.1. Iklan, Adsense
Bisnis
dalam Layanan/Aplikasi Over The Top yaitu
iklan sangat berpengaruh bagi pelanggan karena dengan melihat iklan orang-orang
pasti akan tertarik untuk membelinya. Untuk itu kaitan iklan dengan Layanan/Aplikasi
Over The Top sangat berpengaruh.
Contohnya :
- Youtube : Seorang youtuber menggunggah videonya di youtube. Kemuidan dalam beberapa hari video tersebut menjadi viral, lalu ada pihak ketiga yang melihat video tersebut dan menaruh iklan produk mereka di video tersebut.
1.2.2. Kerja sama dengan
Telco/Provider
Layanan/Aplikasi
OTT (Over The Top) yang bekerja sama
dengan Telco/Provider saling menguntungkan kedua belah pihak. Contoh dari kerja
sama dengan Telco/Provider :
- Provider XL : Saat ingin membuka aplikasi Social Media dan Social Network, contohnya Facebook. Di awal akan muncul iklan-iklan yang berkaitan dengan provider XL.
- Provider Telkomsel : Disaat paket data telkomsel habis, telkomsel menyediakan layanan untuk membuka aplikasi Social Media dan Social Network khususnya Facebook yaitu melalu 0.facebook.com yang dapat diakses secara gratis.
- Provider Axis : Ketika sedang menggunakan Aplikasi Line, secara tiba-tiba provider Axis mengirimkan pesan berupa iklan yang berisi tentang potongan harga paket data Axis.
1.2.3. Kerja sama dengan Perusahaan
Lain (bukan Telco/Provider)
Kerja
sama antara Layanan/Aplikasi Over The Top
dengan Perusahan Lain tentu ada hubungan timbal balik yang saling menguntungkan
kedua belah pihak tersebut. Contoh dari kerja sama dengan perusahaan lain :
- Line : Join Official Account (OA) Line Quiz di Line, lalu mengikuti quiznya. Jika menjawab pertanyaan benar akan mendapatkan sebuah Tiket/Kupon makan secara gratis di KFC yang hanya dapat ditukarkan di KFC.
- BBM : Pada Recent Updates di BBM selalu muncul iklan-iklan perusahaan yang menawarkan produk mereka.
- Facebook : Sebuah perusahan mobil Toyota membuat Halamannya di Facebook. Dengan begitu perusahan tersebut dapat dengan mudah mempromosikan produk – produk buatan mereka.
1.2.4. Kerja sama dengan Pemerintah
Kerja
sama Pemerintah dengan Layanan/Aplikasi OTT (Over The Top) yaitu terdapat pada penggunaan aplikasi, seperti menggunakan
Qlue, Sebangsa dan Kaskus. Berikut adalah Contoh kerja sama dengan pemerintah :
- Qlue
Qlue
merupakan aplikasi karya anak bangsa yang menjadi salah satu OTT (Over The Top) Nasional yang dibina oleh ASTI dan
Kemenkominfo. Qlue digunakan masyarakat untuk melaporkan masalah yang terjadi disekitar
mereka, dengan begitu pemerintah dapat segera memberikan solusi dan mengatasi
malasah tersebut. Contohya saja masalah kemacetan, kerusakan jalan, sampah yang
dibuang kesungai, dan masih banyak lagi.
- Sebangsa
Sebangsa
juga termasuk karya anak bangsa yang menjadi salah satu OTT (Over The Top ) Nasional yang mendapat
pembinaan dari ASTI dan Kemenkominfo.Sebangsa merupakan aplikasi yang
menggabungkan fitur Facebook dan Twitter. Salah satu tujuan dibuatnya Aplikasi
Sebangsa, yaitu untuk menyatukan berbagai bangsa. Bangsa yang dimaksud adalah
jenis komunitas atau perkumpulan yang tersebar di Indonesia.
- Kaskus
Kaskus
adalah situs forum komunitas terbesar di Indonesia . Kaskus dibuat oleh tiga pemuda asal Indonesia yaitu Andrew Darwis, Ronald Stephanus, dan Budi
Dharmawan. Situs ini
dikelola oleh PT Darta Media Indonesia. Kaskus memiliki fungsi sebagai tempat untuk saling tukar informasi,
berita/peristiwa, gosip, atau pengetahuan lainnya. Selain itu di kaskus juga ada
room untuk jual-beli atau biasa dikenal FJB (forum jual-beli).
1.3.0. OTT DALAM JARINGAN KOMPUTER
TCP/IP (Transfer
Control Protocol / Internet Protocol) merupakan serangkaian
lapisan protokol untuk jaringan dan sistem yang memungkinkan komunikasi antara
setiap jenis perangkat. Model TCP/IP Forouzan ini terdiri dari lima lapisan (layer) terpisah
namun setaip
lapisan saling berhubungan. 5 Layer Forouzan tersebut adalah Application Layer, Transport Layer, Network
Layer, Data Link Layer, dan Physical
Layer.
1.3.1.
Application Layer
Application Layer merupakan layer yang berada
pada lapisan paling atas dari lima layer pada model forouzan yang berfungsi
sebagai interface (antarmuka) antara
aplikasi yang digunakan untuk berkomunikasi dan jaringan yang mendasarinya di
mana pesan akan dikirim. Protokol yang berada dalam lapisan ini adalah OTT,
FTP, DHCP, TELNET, DNS, SNMP.
1.3.2. Transport Layer
Transport layer
berfungsi untuk memecah data ke dalam paket-paket data serta memberikan nomor
urut ke paket-paket tersebut sehingga dapat disusun kembali pada sisi tujuan
setelah diterima. Di dalam Transport Layer terdapat dua protocol yang
digunakan, yatiu TCP (Transmission Control Protocol) dan (UDP) User Datagram Protocol.
1.3.3. Network Layer
Network Layer adalah merupakan lapisan ketiga
dari urutan bawah dalam model forouzan. Tugas utama Network Layer adalah menyediakan fungsi routing, sehingga paket dapat dikirim keluar dari segment network
local ke suatu tujan yang berbeda pada suatu network lain. IP (Internet Protokol) dan IPX (Internet Packet eXchange) pada umumnya digunakan
pada lapisan ini.
1.3.4. Data Link Layer
Data
Link Layer befungsi untuk menentukan bagaimana bit-bit data dikelompokkan
menjadi format yang disebut sebagai frame. Pada layer ini terjadi pengoreksian
kesalahan, flow control, pengalamatan perangkat keras (seperti halnya
Media Access Control Address (MAC Address), dan menetukan bagaimana
perangkat-perangkat jaringan seperti hub, bridge, dam repeater beroperasi.
1.3.5. Physical Layer
Physical
layer merupakan lapisan paling bawah/dasar pada model forouzan ini. Physical
layer ini berfungsi untuk mendefinisikan media transmisi jaringan, metode
pensinyalan, sinkronisasi bit, arsitektur jaringan (Ethernet atau Token Ring),
topologi jaringan dan pengabelan. Selain itu, layer ini juga mendefinisikan
bagaimana Network Interface Card (NIC) dapat
berinteraksi
dengan media kabel atau radio.
1.4.0. Teknologi pada OTT (Over The Top)
Dalam
OTT (Over The Top) terdapat teknologi
yang terkandung di dalamnya, yaitu Mobile
Programming, Mobile Compuitng, Cloud Computing, Computer Security, dan Computer Network. Berikut adalah
penjelasannya.
1.4.1. Mobile Programming
Mobile
Programing adalah pemrograman yang ditujukan untuk pembuatan aplikasi
diperangkat mobile yang dapat kita buat dengan menggunakan Java. Keterbatasan
yang sangat umum dalam bahasa pemrograman untuk peralatan mobile adalah kendala
dalam hal sumber daya, seperti memori, ukuran layar, CPU, penyimpanan, dan cara
menginputkan data. Contoh bahasa pemrograman yang terdapat dalam mobile
programing yaitu : J2ME, C++, Objective C, C#, Javafx, dan PHP.
1.4.2. Mobile Computing
Mobile
Computing adalah sebuah teknologi dalam bentuk perangkat keras (hardware),
perangkat lunak (software), dan Embedded System (sistem benam), yang
memungkikan para pengguna komputer untuk dapat mengakses data dan informasi
serta pengolahan di dalamnya (proses
Insert, Delete, Update, View) kapanpun
dan di manapun berbasiskan internet ataupun jaringan komputer lainnya dalam
bentuk Wireless Network (jaringan komputer tanpa kabel).
1.4.3. Cloud Computing
Komputasi
awan (cloud computing) adalah gabungan pemanfaatan teknologi komputer
(komputasi) dan pengembangan berbasis internet (awan). Cloud computing merupakan
layanan jasa teknologi informasi yang menyediakan perangkat atau infrastruktur
melalui koneksi internet untuk memenuhi kebutuhan pengguna layanan. Penyedia
jasa layanan cloud computing seperti Microsoft Cloud, Google, dan Sales
Force.
1.4.4. Computer Security
Computer
Security atau Keamanan Komputer adalah tindakan pencegahan dan deteksi terhadap
gangguan pada sistem komputer. Computer security berfungsi untuk melindungi
data pada sistem komputer baik itu data user maupun data pada sistem komputer
tersebut.
1.4.5. Computer Network
Computer
Network atau jaringan komputer dapat diartikan sebagai dua komputer atau lebih
beserta perangkat-perangkat lainnya yang dihubungkan agar dapat saling
berinteraksi, berkomunikasi, dan bertukar informasi, sehingga membantu
menciptakan efisiensi dan optimasi dalam melakukan pekerjaan.
2.0.0. Definisi E-Commerce dan M-Commerce
E-Commerce
adalah teransaksi jual beli yang dilakukan secara digital yang melibatkan dua
orang dengan jaringan komputer khususnya internet. Sedangkan M-Commerce adalah
bentuk evolusi dari E-Commerce yang diakibatkan perkembangan jaringan komputer
dan perkembangan perangkat mobile.
2.1.0. Teknologi E-Commerce dan M-Commerce
Dalam
E-Commerce dan M-Commerce terdapat teknologi yang terkandung di dalamnya, seperti
Android/iOS/Window Phone Platform, NFC (Near
Field Commuincation) dan Cloud
Computing.
2.1.1. Android/iOS/Window Phone
Platform
Android/iOS/Window
Phone merupakan sistem operasi yang ada pada mobile phone saat ini. Setiap
sistem operasi ini memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Namun
pada dasarnya sistem ini sudah banyak membantu penggunannya dalam melakukan
pekerjaanya.
2.1.2. NFC (Near Field Commuincation)
Pada
saat ini pembayaran tunai mulai digantikan dengan pembayaran elektronik. Namun,
keamanan pada sistem pembayaran merupakan hal yang sangat perlu diperhatikan. Oleh
sebab itu, dikembangkan suatu teknologi pure-based
micro payment system. Sistem ini merupakan sistem prabayar dimana uang
disimpan dalam sebuah chip ponsel.
Teknologi NFC (Near Field Communicaton)
digunakan untuk mempermudah transaksi pembayaran contactless pada point of sale (POS). NFC adalah
teknologi komunikasi nirkontak yang menggunakan gelombang radio dengan cara
menyentuhkan atau mendekatkan perangkat yang terkait dalam jarak dekat. Layanan
OTT (Over The Top) juga memiliki
sistem pembayaran (payment) dari
setiap penawaran layanan mereka.
2.1.3. Cloud Computing.
Komputasi
awan (cloud computing) adalah gabungan pemanfaatan teknologi komputer (komputasi)
dan pengembangan berbasis internet (awan). Cloud computing merupakan
layanan jasa teknologi informasi yang menyediakan perangkat atau infrastruktur
melalui koneksi internet untuk memenuhi kebutuhan pengguna layanan. Penyedia
jasa layanan cloud computing seperti Microsoft Cloud, Google, dan Sales
Force.
3.0.0. Pengguna E-Commerce dan M-Commerce
Penggunaan
E-Commerce dan Mobile Commerce dibagi menjadi dua tipe pengguna, yaitu
perorangan dan corporate.
3.1.0. Perorangan
Pengguna
Perorangan berarti, orang yang melakukan penjualan maupun pembelian untuk
kepentingan sendiri. Contohnya :
- Instagram : Dalam sebuah foto seseorang (misalnya artis) di Instagram terdapat akun-akun online shop ataupun semacamnya mempromosikan produk mereka di kolom komentar foto tersebut.
- Line : Pada aplikasi Line terdapat aplikasi Line@ dimana seseorang dapat membuat OA (Official Account) misalnya Online Shop. Dengan begitu si pemilik OA ini dapat dengan mudah mempromosikan produk-produknya ke orang-orang yang sudah meng-add OA Online Shop tersebut.
- BBM : Seseorang yang memiliki online shop mempromosikan produk-produknya lewat BBM dengan cara mengirim broadcast (pesan siaran) keseluruh kontak BBM si pemiliki online shop.
3.2.0 Corporate
Corporate
merupakan tipe melakukan E-Commerce dan M-Commerce yang meng atas namakan
perusahaan. Contohnya :
- Facebook : Pada Halaman di Facebook terdapat sebuah perusahaan Motor Honda yang sedang mempromosikan produk mereka. Walaupun dalam halaman tersebut hanya terdapat satu admin namun itu sudah meng atas namakan perusahaan.
- Line : Dalam menggunakan Line terdapat OA (Official Account) terdapat perusahaan mobile seperti Cellular Market yang mempromsikan produk-produk yang mereka jual. Disana pelanggan dapat bertanya dan berkomentar mengenai produk yang mereka jual. Dalam OA ini terdapat satu admin yang mengurusinya, walapun begitu OA ini sudah meng atas namakan perusahaan.
Referensi
:
- Eka Pratama. I Putu Agus. Komputer dan Masyarakat, Informatika Bandung 2014 ( Bab 6 : E-commerce)
- Pengertian jaringan menurut forouzan.pdf
- Pengertian network layer forouzan.pdf
- E-book cloud computing
- Pengertian computer network.pdf
- Pengertian comuter security.pdf
- Pengertian NFC.pdf
0 Komentar