Nama              : I Made Riken Indra Putera
NIM                : 1605551106
Mata Kuliah  : Aplikasi Sosial Media
Dosen              : I Putu Agus Eka Pratama, S.T., M.T.
Jurusan/Fakultas/Perguruan Tinggi :
Teknologi Informasi/Teknik/Universitas Udayana


Perkembangan Teknologi Informasi yang sangat pesat telah mengakibatkan perubahan pola pikir dan pola hidup manusia. Salah satunya pada bidang bisnis, dahulu manuisa melakukan transaksi jula beli secara tatap muka atau bertemu langsung, karena perkembangan tersebut manusia melakukan transaksi jual beli secara online dan pembayaran elektronik digital.

Dalam mengenal bidang bisnis pada Social Media dan Social Network tentu ada bentuk terapanya di dalam Layanan OTT (Over The Top), E-Commerce dan M-Commerce.

1.0.0. Definisi Over The Top (OTT)
Over The Top adalah aplikasi atau layanan yang berjalan pada jaringan komputer khususnya internet yang terdapat pada Application Layer di 5 layer TCP/IP Forouzan yang memiliki kekuatan utama pada konten berupa audio, video, dan teks.

1.1.0. Kategori Over The Top (OTT)
Di dalam OTT (Over The Top) konten merupakan kekuatan utama yaitu berupa teks, audio, video. Oleh karena itu OTT dibagi menjadi  tiga kategori, yaitu Streaming Audio Video, Social Media & Social Network, dan Komunikasi (Teks, Video, Audio).

1.1.1. Streaming Audio Video
Kategori Streaming Audio Video merupakan kategori yang menekankan kepada jenis layanan streming file multimedia audio dan video secara online kepada pengguna. Contoh dari kategori ini seperti Youtube, Metaface, Viddler, Blip.tv, Vimeo, Sidereel.com, Tudou.com, Veoh.com, Metatube, MyVideo.de , Dailymotion, dan masih banyak lagi contoh yang termasuk dalam kategori Audio Video.

1.1.2. Social Media dan Social Network
Di artikel sebelumnya sempat dibahas mengenai Social Media dan Social Network. Kategori Social Media dan Social Network menekankan pada layanan media sosial dan jejaring sosial. Pada layanan ini orang-orang dapat saling berinteraksi, bertukar data dan informasi di dalamnya. Sudah banyak layanan Social Media dan Social Network yang berbasis OTT. Contohnya dalam penggunaan Facebook, Twitter, Instagram, Path, Mindtalk, MySpace, Google+, Plurk dan masih banyak contoh dari penggunaan Social Media dan Social Network.

1.1.3. Komunikasi (Teks, Audio, Video)
Kategori Komunikasi merupakan kategori yang menekankan kepada jenis layanan teks, audio, dan video secara online. Contoh dari ketagori komunikasi yaitu, Line, WeChat, Whatsapp, Telegram, KaKao Talk, dan masih banyak contoh lain dari kategori ini.

1.2.0. Bisnis
Bisnis dalam OTT (Over The Top ) berkaitan dengan Iklan, Kerja sama dengan Telco/Provider, Kerja sama dengan Perusahaan lain (Non Telco), dan Kerja sama dengan Pemerintah. Berikut adalah penjelasan dari keempat kaitan dalam bisnis di OTT.

1.2.1. Iklan, Adsense
Bisnis dalam Layanan/Aplikasi Over The Top yaitu iklan sangat berpengaruh bagi pelanggan karena dengan melihat iklan orang-orang pasti akan tertarik untuk membelinya. Untuk itu kaitan iklan dengan Layanan/Aplikasi Over The Top sangat berpengaruh. Contohnya :

  1. Youtube : Seorang youtuber menggunggah videonya di youtube. Kemuidan dalam beberapa hari video tersebut menjadi viral, lalu ada pihak ketiga yang melihat video tersebut dan menaruh iklan produk mereka di video tersebut. 
1.2.2. Kerja sama dengan Telco/Provider
Layanan/Aplikasi OTT (Over The Top) yang bekerja sama dengan Telco/Provider saling menguntungkan kedua belah pihak. Contoh dari kerja sama dengan Telco/Provider :
  1. Provider XL : Saat ingin membuka aplikasi Social Media dan Social Network, contohnya Facebook. Di awal akan muncul iklan-iklan yang berkaitan dengan provider XL.
  2. Provider Telkomsel : Disaat paket data telkomsel habis, telkomsel menyediakan layanan untuk membuka aplikasi Social Media dan Social Network khususnya Facebook yaitu melalu 0.facebook.com yang dapat diakses secara gratis.
  3. Provider Axis : Ketika sedang menggunakan Aplikasi Line, secara tiba-tiba provider Axis mengirimkan pesan berupa iklan yang berisi tentang potongan harga paket data Axis.

1.2.3. Kerja sama dengan Perusahaan Lain (bukan Telco/Provider)
Kerja sama antara Layanan/Aplikasi Over The Top dengan Perusahan Lain tentu ada hubungan timbal balik yang saling menguntungkan kedua belah pihak tersebut. Contoh dari kerja sama dengan perusahaan lain :
  1. Line : Join Official Account (OA) Line Quiz di Line, lalu mengikuti quiznya. Jika menjawab pertanyaan benar akan mendapatkan sebuah Tiket/Kupon makan secara gratis di KFC yang hanya dapat ditukarkan di KFC.
  2. BBM : Pada Recent Updates di BBM selalu muncul iklan-iklan perusahaan yang menawarkan produk mereka.
  3. Facebook : Sebuah perusahan mobil Toyota membuat Halamannya di Facebook. Dengan begitu perusahan tersebut dapat dengan mudah mempromosikan produk – produk buatan mereka.


1.2.4. Kerja sama dengan Pemerintah
Kerja sama Pemerintah dengan Layanan/Aplikasi OTT (Over The Top) yaitu terdapat pada penggunaan aplikasi, seperti menggunakan Qlue, Sebangsa dan Kaskus. Berikut adalah Contoh kerja sama dengan pemerintah :
  • Qlue

Qlue merupakan aplikasi karya anak bangsa yang menjadi salah satu OTT (Over The Top)  Nasional yang dibina oleh ASTI dan Kemenkominfo. Qlue digunakan masyarakat untuk melaporkan masalah yang terjadi disekitar mereka, dengan begitu pemerintah dapat segera memberikan solusi dan mengatasi malasah tersebut. Contohya saja masalah kemacetan, kerusakan jalan, sampah yang dibuang kesungai, dan masih banyak lagi.
  •           Sebangsa

Sebangsa juga termasuk karya anak bangsa yang menjadi salah satu OTT (Over The Top ) Nasional yang mendapat pembinaan dari ASTI dan Kemenkominfo.Sebangsa merupakan aplikasi yang menggabungkan fitur Facebook dan Twitter. Salah satu tujuan dibuatnya Aplikasi Sebangsa, yaitu untuk menyatukan berbagai bangsa. Bangsa yang dimaksud adalah jenis komunitas atau perkumpulan yang tersebar di Indonesia.
  • Kaskus
Kaskus adalah situs forum komunitas terbesar di Indonesia . Kaskus dibuat oleh  tiga pemuda asal Indonesia yaitu Andrew Darwis, Ronald Stephanus, dan Budi Dharmawan.  Situs ini dikelola oleh PT Darta Media Indonesia. Kaskus memiliki fungsi sebagai tempat untuk saling tukar informasi, berita/peristiwa, gosip, atau pengetahuan lainnya. Selain itu di kaskus juga ada room untuk jual-beli atau biasa dikenal FJB (forum jual-beli).

1.3.0. OTT DALAM JARINGAN KOMPUTER
TCP/IP (Transfer Control Protocol / Internet Protocol) merupakan serangkaian lapisan protokol untuk jaringan dan sistem yang memungkinkan komunikasi antara setiap jenis perangkat. Model TCP/IP Forouzan ini terdiri dari lima lapisan (layer) terpisah namun setaip lapisan saling berhubungan. 5 Layer Forouzan tersebut adalah Application Layer, Transport Layer, Network Layer, Data Link Layer, dan Physical Layer.

1.3.1. Application Layer
Application Layer merupakan layer yang berada pada lapisan paling atas dari lima layer pada model forouzan yang berfungsi sebagai interface (antarmuka) antara aplikasi yang digunakan untuk berkomunikasi dan jaringan yang mendasarinya di mana pesan akan dikirim. Protokol yang berada dalam lapisan ini adalah OTT, FTP, DHCP, TELNET, DNS, SNMP.

1.3.2. Transport Layer
Transport layer berfungsi untuk memecah data ke dalam paket-paket data serta memberikan nomor urut ke paket-paket tersebut sehingga dapat disusun kembali pada sisi tujuan setelah diterima. Di dalam Transport Layer terdapat dua protocol yang digunakan, yatiu TCP (Transmission Control Protocol) dan  (UDP) User Datagram Protocol.

1.3.3. Network Layer
Network Layer adalah merupakan lapisan ketiga dari urutan bawah dalam model forouzan. Tugas utama Network Layer adalah menyediakan fungsi routing, sehingga paket dapat dikirim keluar dari segment network local ke suatu tujan yang berbeda pada suatu network lain. IP (Internet Protokol) dan IPX (Internet Packet eXchange) pada umumnya digunakan pada lapisan ini.

1.3.4. Data Link Layer
Data Link Layer befungsi untuk menentukan bagaimana bit-bit data dikelompokkan menjadi format yang disebut sebagai frame. Pada layer ini terjadi pengoreksian kesalahan, flow control, pengalamatan perangkat keras (seperti halnya Media Access Control Address (MAC Address), dan menetukan bagaimana perangkat-perangkat jaringan seperti hub, bridge, dam repeater beroperasi.

1.3.5. Physical Layer
Physical layer merupakan lapisan paling bawah/dasar pada model forouzan ini. Physical layer ini berfungsi untuk mendefinisikan media transmisi jaringan, metode pensinyalan, sinkronisasi bit, arsitektur jaringan (Ethernet atau Token Ring), topologi jaringan dan pengabelan. Selain itu, layer ini juga mendefinisikan bagaimana Network Interface Card (NIC) dapat
berinteraksi dengan media kabel atau radio.

1.4.0. Teknologi pada OTT (Over The Top)                   
Dalam OTT (Over The Top) terdapat teknologi yang terkandung di dalamnya, yaitu Mobile Programming, Mobile Compuitng, Cloud Computing, Computer Security, dan Computer Network. Berikut adalah penjelasannya.

1.4.1. Mobile Programming
Mobile Programing adalah pemrograman yang ditujukan untuk pembuatan aplikasi diperangkat mobile yang dapat kita buat dengan menggunakan Java. Keterbatasan yang sangat umum dalam bahasa pemrograman untuk peralatan mobile adalah kendala dalam hal sumber daya, seperti memori, ukuran layar, CPU, penyimpanan, dan cara menginputkan data. Contoh bahasa pemrograman yang terdapat dalam mobile programing yaitu : J2ME, C++, Objective C, C#, Javafx, dan PHP.

1.4.2. Mobile Computing
Mobile Computing adalah sebuah teknologi dalam bentuk perangkat keras (hardware), perangkat lunak (software), dan Embedded System (sistem benam), yang memungkikan para pengguna komputer untuk dapat mengakses data dan informasi serta pengolahan di dalamnya (proses Insert, Delete, Update, View) kapanpun dan di manapun berbasiskan internet ataupun jaringan komputer lainnya dalam bentuk Wireless Network (jaringan komputer tanpa kabel).

1.4.3. Cloud Computing
Komputasi awan (cloud computing) adalah gabungan pemanfaatan teknologi komputer (komputasi) dan pengembangan berbasis internet (awan). Cloud computing merupakan layanan jasa teknologi informasi yang menyediakan perangkat atau infrastruktur melalui koneksi internet untuk memenuhi kebutuhan pengguna layanan. Penyedia jasa layanan cloud computing seperti Microsoft Cloud, Google, dan Sales Force.

1.4.4. Computer Security
Computer Security atau Keamanan Komputer adalah tindakan pencegahan dan deteksi terhadap gangguan pada sistem komputer. Computer security berfungsi untuk melindungi data pada sistem komputer baik itu data user maupun data pada sistem komputer tersebut.

1.4.5. Computer Network
Computer Network atau jaringan komputer dapat diartikan sebagai dua komputer atau lebih beserta perangkat-perangkat lainnya yang dihubungkan agar dapat saling berinteraksi, berkomunikasi, dan bertukar informasi, sehingga membantu menciptakan efisiensi dan optimasi dalam melakukan pekerjaan.        

2.0.0. Definisi E-Commerce dan M-Commerce
E-Commerce adalah teransaksi jual beli yang dilakukan secara digital yang melibatkan dua orang dengan jaringan komputer khususnya internet. Sedangkan M-Commerce adalah bentuk evolusi dari E-Commerce yang diakibatkan perkembangan jaringan komputer dan perkembangan perangkat mobile.

2.1.0. Teknologi E-Commerce dan M-Commerce
Dalam E-Commerce dan M-Commerce terdapat teknologi yang terkandung di dalamnya, seperti Android/iOS/Window Phone Platform, NFC (Near Field Commuincation) dan Cloud Computing.

2.1.1. Android/iOS/Window Phone Platform
Android/iOS/Window Phone merupakan sistem operasi yang ada pada mobile phone saat ini. Setiap sistem operasi ini memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Namun pada dasarnya sistem ini sudah banyak membantu penggunannya dalam melakukan pekerjaanya.

2.1.2. NFC (Near Field Commuincation)
Pada saat ini pembayaran tunai mulai digantikan dengan pembayaran elektronik. Namun, keamanan pada sistem pembayaran merupakan hal yang sangat perlu diperhatikan. Oleh sebab itu, dikembangkan suatu teknologi pure-based micro payment system. Sistem ini merupakan sistem prabayar dimana uang disimpan dalam sebuah chip ponsel. Teknologi NFC (Near Field Communicaton) digunakan untuk mempermudah transaksi pembayaran contactless pada point of sale (POS). NFC adalah teknologi komunikasi nirkontak yang menggunakan gelombang radio dengan cara menyentuhkan atau mendekatkan perangkat yang terkait dalam jarak dekat. Layanan OTT (Over The Top) juga memiliki sistem pembayaran (payment) dari setiap penawaran layanan mereka.

2.1.3. Cloud Computing.
Komputasi awan (cloud computing) adalah gabungan pemanfaatan teknologi komputer (komputasi) dan pengembangan berbasis internet (awan). Cloud computing merupakan layanan jasa teknologi informasi yang menyediakan perangkat atau infrastruktur melalui koneksi internet untuk memenuhi kebutuhan pengguna layanan. Penyedia jasa layanan cloud computing seperti Microsoft Cloud, Google, dan Sales Force.

3.0.0. Pengguna E-Commerce dan M-Commerce
Penggunaan E-Commerce dan Mobile Commerce dibagi menjadi dua tipe pengguna, yaitu perorangan dan corporate.

3.1.0. Perorangan
Pengguna Perorangan berarti, orang yang melakukan penjualan maupun pembelian untuk kepentingan sendiri. Contohnya :

  1. Instagram : Dalam sebuah foto seseorang (misalnya artis) di Instagram terdapat akun-akun online shop ataupun semacamnya mempromosikan produk mereka di kolom komentar foto tersebut.
  2. Line : Pada aplikasi Line terdapat aplikasi Line@ dimana seseorang dapat membuat OA (Official Account) misalnya Online Shop. Dengan begitu si pemilik OA ini dapat dengan mudah mempromosikan produk-produknya ke orang-orang yang sudah meng-add OA Online Shop tersebut.
  3.  BBM : Seseorang yang memiliki online shop mempromosikan produk-produknya lewat BBM dengan cara mengirim broadcast (pesan siaran) keseluruh kontak BBM si pemiliki online shop.

3.2.0 Corporate
Corporate merupakan tipe melakukan E-Commerce dan M-Commerce yang meng atas namakan perusahaan. Contohnya :

  1. Facebook : Pada Halaman di Facebook terdapat sebuah perusahaan Motor Honda yang sedang mempromosikan produk mereka. Walaupun dalam halaman tersebut hanya terdapat satu admin namun itu sudah meng atas namakan perusahaan.
  2. Line : Dalam menggunakan Line terdapat OA (Official Account) terdapat perusahaan mobile seperti Cellular Market yang mempromsikan produk-produk yang mereka jual. Disana pelanggan dapat bertanya dan berkomentar mengenai produk yang mereka jual. Dalam OA ini terdapat satu admin yang mengurusinya, walapun begitu OA ini sudah meng atas namakan perusahaan.
Referensi :
  1. Eka Pratama. I Putu Agus. Komputer dan Masyarakat, Informatika Bandung 2014 ( Bab 6 : E-commerce)
  2. Pengertian jaringan menurut forouzan.pdf
  3. Pengertian network layer forouzan.pdf
  4. E-book cloud computing
  5. Pengertian computer network.pdf
  6. Pengertian comuter security.pdf
  7. Pengertian NFC.pdf