Nama              : I Made Riken Indra Putera
NIM                : 1605551106
Mata Kuliah  : Aplikasi Sosial Media
Dosen              : I Putu Agus Eka Pratama, S.T., M.T.
Jurusan/Fakultas/Perguruan Tinggi : 
Teknologi Informasi/Teknik/Universitas Udayana





Pada artikel sebelumnya sempat dibahas mengenai review aplikasi OTT (Over The Top) karya anak bangsa dan penjelasan mengengai OTT. Apakah kalian masih ingat apa itu OTT? Over The Top adalah aplikasi atau layanan yang berjalan pada jaringan komputer khususnya internet yang terdapat pada Application Layer di 5 layer TCP/IP Forouzan yang memiliki kekuatan utama pada konten berupa audio, video, dan teks.

Dari penjelasan di atas dapat diketahui bahwa kekuatan utama dari OTT terdapat pada konten yang berupa audio, video, dan teks. Oleh sebab itu OTT dapat dikategorikan menjadi tiga bagian yaitu Streaming Audio Video, Social Media Social Network, dan Komunikasi.


Pada artikel kali ini saya akan me-review aplikasi OTT Nasional karya anak bangsa yang sudah mendapatkan dukungan dari ASTI (Asosiasi Penyelenggara Telekomunikasi Seluruh Indonesia) yaitu Catfiz dan Sebangsa. Berserta OTT Nasinoal karya anak bangsa, yaitu Mindtalk

1.Catfiz

Catfiz merupakan salah satu dari tiga layanan OTT Nasional karya anak bangsa yang mendapatkan binaan langsung dari Kemenkominfo dan ASTI. Catfiz dapat dikategorikan ke dalam media komunikasi. Catfiz merupakan layanan/aplikasi buatan PT. Duniacatfish Kreatif yang berasal dari Surabaya. Aplikasi/Layanan ini tak hanya digunakan oleh orang Indonesia bahkan orang luar negri pun ikut menunduh dan menggunakan aplikasi/layanan ini. Namun aplikasi Catfiz ini hanya dapat di unduh oleh pengguna android saja.

Pengenalan Catfiz

Pada saat pertama kali menggunakan Catfiz anda akan diminta untuk membuat sebuah akun dengan cara memasukan nomor telephone anda, bagi yang sudah memiliki akun dapat masuk dengan e-mail. Setelah memasukan nomor telephone anda akan mendapatkan kode verifikasi via sms untuk melanjutkan pendaftaran. Kode verifikasi tersebut akan terdeteksi secara otomatis, jika tidak terjadi masalah anda akan diarahkan ke langkan selanjutnya, yaitu memasukan user name dan merubah foto profil anda. Setelah langkah-langkah tersebut selesai anda akan diarahkan ke menu utama.


Tampilan saat melakukan membuat akun Catfiz

Di menu utama anda akan dihimbau untuk mendaftarkan email anda agar dapat menyimpan informasi anda pada aplikasi ini. Jika anda telah log out dari aplikasi ini, anda dapat log in kembali menggunakan e-mail yang sudah anda daftarkan tadi. Tidak perlu repot-repot lagi untuk memasukan nomor telephone dan memverifikasinya.

Tampilan menu utama
Catfiz memiliki tampilan yang sederhana, sehingga memudahkan dalam menggunakan layanan/aplikasi ini. Pada pojok kanan atas terdapat tombol pencarian yang berfungsi untuk mencari teman yang ada di kontak anda, sedangkan icon foto profil berfungsi untuk merubah foto profil anda. Di icon foto profil tersebut juga terdapat menu Flizzlink, Pengaturan, dan Tentang (about).  Catfiz memiliki menu tab yang dapat digeser ke kanan ataupun ke kiri yang berfungsi untuk menavigasi anda ke menu timeline, chat room, groups, dan friends. Di pojok kanan bawah terdapat tombol biru yang memiliki fungsi berbeda-beda. Jika anda menekan tombol tersebut di menu timeline, anda dapat menulis status. Lalu, jika anda berada di menu chat room dan groups anda dapat membuat pesan siaran (Broadcast), membuat grup baru, serta memulai chatting dengan teman-teman anda. Yang terakhir, jika anda menekan tombol tersebut di menu friends anda dapat menambahkan teman baru melalui Qr Code, No. Telephone/user name, dan Invite.

Fitur - Fitur

Catfiz merupakan layanan/aplikasi komunikasi (messenger) yang memiliki fitur layaknya layanan/aplikasi messenger lainnya, yaitu chatting, groups chat, broadcast, dan update status. Catfiz juga dapat digunakan untuk mengirim berkas seperti video, gambar, dokumen, dan audio. Namun, Catfiz memiliki keunggulan dibandingkan dengan aplikasi/layanan messenger lainnya, yaitu :

1. Flizzlink









Flizzlink merupakan fitur yang dapat digunakan untuk menggungah berkas/data sampai
dengan 500mb, kemudian dapat dibagikan ke pengguna lainnya.

2. Broadcast











Fitur Broadcast ini digunakan untuk mengirimkan pesan kebanyak teman teman (yang ada dikontak anda) dengan sekali kirim. Catfiz tak hanya dapat mengirimkan pesan siaran (broadcast) berupa teks, tetapi juga dalam bentuk audio.

3. Personal Messages (Pesan Pribadi)













Personal Messages merupakan fitur untuk berkirim pesan secara pribadi dengan teman anda, baik itu pesan teks biasa maupun pesan multimedia (audio, video, gambar). Di personal messages anda juga dapat mengirimkan pesan berupa stiker. Dalam mengirimkan file berupa audio, video, dan gamabar catfiz mampu mengunggah sampai dengan ukuran 500 mb.

4. Groups messages (Pesan Grup)



Tidak jauh beda dengan fitur personal messages, gropus messages digunakan untuk berkirim pesan dengan teman grup dengan anda. Catfiz mampu membuat grup dengan kapasitas anggota sampai 2000 orang (termasuk pengguna) dan dengan admin maksimal 5 orang. Dalam menggunakan fitur groups messages anda dapat mengirimkan file berupa audio, video, dan gambar sampai dengan ukuran 500 mb.

5. Update Status



















Update Staus merupakan fitur dimana anda dapat membuat status, yang sama halnya dalam menggunakan facebook. Tetapi di fitur ini terdapat kekurangan yaitu, anda tidak dapat menghapus status yang telah anda buat, melainkan hanya dapat diedit saja.

6. Recent Update


















Fitur recent updates ini digunakan untuk mengetahui pembaharuan dari teman-teman anda. Baik itu update mengganti foto profil ataupun update status. Selain update status dan update foto profil, fitur ini juga menampilkan perubahan yang baru anda lakukan, contohnya ketika anda memiliki teman baru juga akan muncul pada fitur update ini.

7. Status Comment dan Status Like



Status Comment merupakan fitur dimana anda dapat berkomentar di status yang dibuat oleh teman anda. Sedangkan Status Like merupakan fitur yang digunakan untuk menyukai (like) status yang dibuat oleh teman anda.

Kesimpulan

Jadi kesimpulannya, Catfiz merupakan aplikasi atau layanan messagener yang layak masuk ke dalam tiga OTT Nasional yang medapatkan biaan langsung dari Kemenkominfo dan ASTI. Hal itu dikarenakan fitur-fitur messaging yang lengkap dibandingkan layanan atau aplikasi messaging lainnya yang tersedia di dalam Catfiz. Namun jika dibandingkan dengan aplikasi atau layanan messaging seperti Whatsapp, BBM dan Line, Fitur Catfiz perlu ditingkatkan lagi karena terdapat kekurangan, seperti kurangnya fitur video call dan audio call.

2. Sebangsa

Sebangsa juga merupakan salah satu dari tiga layanan OTT Nasional karya anak bangsa yang mendapatkan binaan langsung dari Kemenkominfo dan ASTI. Sebangsa didirikan  oleh PT. Sebangsa Bersama. Sebangsa merupakan aplikasi/layanan yang dirancang untuk pengguna Indonesia, dimana anda dapat terhubung dengan teman-teman anda, menemukan teman baru, ataupun menciptakan komunitas dengan teman, komunitas pekerjaan, ataupun komunitas untuk membicarakan hal-hal yang anda minati. Aplikasi Sebangsa ini sudah dapat diunduh oleh pengguna iOS dan Android. Sebangsa juga bisa diakses via Website, yaitu melalui http://blog.sebangsa.com/

Pengenalan Sebangsa
Tampilan saat melakukan pendafataran akun via Facebook

Pada saat pertama kali menggunakan Sebangsa anda akan diminta untuk membuat sebuah akun. Terdapat tiga pilihan membuat akun yaitu melalui e-mail, akun Facebook, dan akun Twitter. Setelah melalukan pembuatan akun anda akan diarahkan ke langkah selanjutnya, yaitu pengisian profile. Setelah selesai mengisi profile anda diminta memilih minimal tiga topik yang anda minati. Topik inilah yang nantinya akan menyarankan anda untuk masuk ke komunitas yang anda minati.

Setelah selesai memilih topik dan komunitas yang anda minati, anda akan diarahkan menuju halaman utama. Pada halaman utama ini anda akan diberikan tutorial singkat mengenai penggunaan aplikasi ini. Sebangsa memiliki logo unik yang mencirikan bahwa aplikasi ini adalah karya orang Indonesia, yaitu “Logo Angklung”. Tampilan aplikasi/layanan Sebangsa ini merupakan perpaduan antara Facebook dan Twitter, yaitu ada linimasa atau timeline dengan konten multimedia. Untuk menemukan fitur-fiturnya pun terbilang cukup mudah karena sudah disusun rapi, sehingga membuat pengguna aplikasi/layanan ini merasa nyaman dan senang saat mengguanakannya.
Melengkapi Profile dan Topik yang anda minati
Pada menu utama terdapat linimasa atau timeline, dibagian pojok kanan atas terdapat buah empat menu, yaitu menu disarankan, menu pencarian, menu notifikasi, dan menu pengaturan. Menu disarakan berfungsi menyarankan anda untuk bergabung dengan komunitas yang menarik sesuai dengan minat anda dan menyarankan untuk mem-follow (mengikuti) pengguna yang mungkin anda kenal. Menu pencarian digunakan untuk mencari pengguna Sebangsa lainnya dengan cara memasukan user name mereka dan mencari komunitas yang anda inginkan. Sedangkan menu notifikasi berfungsi  untuk memberikan pemberitahuan atau menampilkan notifikasi anda pada aplikasi Sebangsa. Contohnya, seorang teman anda mulai mengikuti linimasa atau timeline anda. Yang terakhir menu pengaturan, disini anda dapat memperbaharui informasi akun anda.

Tampilan Menu Utama
Pada pojok kiri atas terdapat tombol menu untuk menampilkan fitur-fitur yang ada pada aplikasi sebangsa, dimana anda juga dapat menampilkan fitur – fitur tersebut dengan cara mengusap layar handphone anda ke kanan. Serta dibagian bawah terdapt dua menu yaitu menu komunitas dan menu akun. Menu tersebut digunakan untuk memposting sebuah teks, gambar, maupun video. Anda dapat mengirim postingan anda ke semua komunitas anda ataupun ke komunitas yang anda pilih atau ke akun anda, yang nantinya dapat dilihat oleh teman yang mengikuti anda (mem-follow).

Fitur - Fitur Sebangsa

Sebangsa memiliki fitur - fitur dasar media sosial seperti pertemanan, komunitas, fitur untuk memposting status, gambar, sticker, atau file audio, photo dan video, fitur timeline dan chatting. Anda juga bisa mem-follow pengguna lain atau bergabung komunitas yang anda minati. Namun Sebangsa memiliki fitur – fitur lebih dibandingkan dengan media sosial lainnya, seperti Fitur Lencana, Ngetrend, Pesan Panik, Jaga-Jaga, Informasi Kontak Darurat, dan Lokasi. Berikut adalah fitur – fitur yang terdapat pada aplikasi Sebangsa :

1. Linimasa















Linimasa atau timeline merupakan fitur yang berfungsi untuk menampilkan postingan – postingan terbaru dari komunitas-komunitas dan teman atau pengguna lainnya yang anda ikuti di Sebangsa. Pada linimasa ini anda dapat mengirim postingan dan mengomentari atau meng-like postingan dari penguna lain atau dari komunitas yang anda ikuti.

2. Japri
















Japri merupakan singkatan dari jalur pribadi. Fitur ini digunakan untuk berkirim pesan secara pribadi, dimana anda dapat mengirimkan pesan teks, gambar, file dokumen, atapun audio. Dalam menggunakan fitur ini tidak hanya untuk dua orang saja, bahkan bisa lebih dari itu.

3. Lencana















Lencana merupakan fitur yang memberikan penghargaan dari seluruh kegiatan yang anda laukan di Sebangsa. 

4. Favaorit















Pada fitur favorit ini dibagi menjadi dua bagian, yaitu Postingan Favorit dan Tagar Favorit. Fitur ini menampilkan setiap post dan tagar kiriman pengguna lain dan komunitas yang telah anda ikuti dan anda berikan label favorit.

5. Komunitas
















Komunitas adalah fitur untuk menemukan suatu perkumpulan yang telah anda ikuti dan mencari komunitas yang ingin anda ikuti. Dalam suatu komunitas terdapat sebuah ruang diskusi yang digunakan untuk melakukan diskusi umum antar pengguna, selain itu juga terdapat pegumuman, acara, menu multimedia dan dokumen.

6. Buat Komunitas
















Fitur ini digunakan untuk membuat sebuah komunitas baru dengan topik – topik yang telah disediakan oleh Sebangsa.

7. Ngetren















Fitur ini berfungsi untuk menampilkan yang sedang ngetren di Sebangsa. Seperti pengguna ngetren, media ngetren, komunitas ngetren, postingan ngetren. Anda juga dapat membuat postingan teks, audio, dan dokumen pada fitur ini.

8. Pesan Panik













Pada fitur pesan panik ini dibagi menjadi tiga bagian, yaitu Pengaturan pesan panik, Kirim pesan panik, dan Arsip pesan panik. Fitur ini merupakan salah satu yang membedakan Sebangsa dengan aplikasi media sosial lainnya. Karena pada fitur ini anda dapat membuat pesan darurat kepada orang-orang yang sebelumnya sudah anda undang ke JPP (Jaringan Postingan Panik) dimana dalam satu jaringan ini maksimal terdapat 5 orang anggota. Kiriman yang telah anda buat sebelumnya juga dapat diarsipkan. Fitur ini hanya dapat digunakan oleh pengguna Android dan iOS.

9. Jaga-Jaga















Fitur Jaga-jaga merupakan fitur menarik lainnya yang hanya dimiliki oleh Sebangsa. Fitur ini digunakan untuk mencengah terjadinya kejahatan. Anda dapat mempostingkan informasi agar pengguna Sebangsa lainnnya dapat berhati-hati dalam melakukan kegiatannya. Contohnya saja anda membuat postingan “Hati-Hati ada begal di daerah Jimbaran”. Anda juga dapat mencantumkan gambar agar orang-orang lebih percaya dengan informasi yang anda berikan. Dengan begitu orang-orang yang berada di daerah Jimbaran dapat lebih berhati-hati. Postingan yang pernah anda buat pada fitur ini pun dapat diarsipkan. Sayangnya, fitur ini hanya dapat digunakan oleh pengguna Android dan iOS, karena untuk pengguna lewat website belum tersedia.

10. Informasi Kontak Darurat















Fitur Informasi Kontak Darurat ini sangatlah bermanfaat bagi pengguna Sebangsa, karena fitur ini menyediankan berupa kontak darurat, seperti Ambulans, BARSANAS, Bengkel dan masih banyak lagi berserta lokasi terdekatnya dari posisi anda saat itu. Fitur ini dapat digunakan baik pengguna Andorid, iOS, dan Website.

11. Lokasi

Fitur ini digunakan untuk menampilakan tempat – tempat populer di seluruh Indonesia baik
            yang sedang populer di Sebangsa, atau tempat - tempat terkenal di sekitar anda.


Kesimpulan

Jadi kesimpulannya, Sebangsa merupakan aplikasi atau layanan yang layak masuk ke dalam tiga OTT Nasional yang medapatkan biaan langsung dari Kemenkominfo dan ASTI. Hal itu dikarenakan fitur-fitur  yang terdapat pada Sebangsa bernilai lebih dari media sosial lainnya. Sebut saja fitur Jaga-Jaga dan Informasi Konta Darurat. Fitur itu bernilai lebih dikarenakan fitur tersebut dapat mencegah terjadinya kejahatan dan mengatasi masalah dalam mencari kontak darurat seperti BARSANAS yang terdekat pada posisi anda saat ini.

3. Mindtalk



Mindatalk merupakan layanan atau aplikasi OTT karya anak bangsa yang diciptakan oleh Robin Marufi dan Danny Oei Wirianto, yang dikembangkan oleh PT. Merah Putih Incubator. Mindatalk merupakan tempat bertemu dan menghubungkan orang-orang, memulai dialogoue, menghubungkan orang dengan pemikiran dan pembicaraan tentang keterkaitan mereka. Pengguna Mindtalk akan dihubungkan melalui channel. Channel ini berfungsi sebagai grup dengan minat yang sama. Mindtalk dapat diunduh oleh pengguna iOS dan Andorid, bahkan tersedia pula untuk versi web, yaitu melalui www.mindtalk .com

Pengenalan Mindatalk

Pada saat pertama kali menggunakan Mindtalk anda akan diminta untuk membuat sebuah akun dengan cara registrasi menggunakan e-mail atau log in melalui Facebook/Twitter. Setelah selesai membuat akun anda akan diarahkan ke langkah selanjutnya yaitu memilih topik yang anda minati dengan batas maksimum lima topik. Kemudian anda akan diminta untuk bergabung ke channel yang anda inginkan dan minimal memilih lima channel. Setelah selelai milih topik dan channel yang diminati anda akan diarahkan ke menu utama. yaitu Stream. Tapi sebelum itu anda harus memverifikasi akun Mindatalk anda dengan kode verfikasi yang sudah dikirimkan ke-email anda sebelumnya. 
Tampilan saat membuat akun

Tampilan Mindtalk ini sangat sederhana, dipojok kanan atas terdapat menu pencarian yang berfungsi untuk mencari Channel, Orang, Text. Pada pojok kiri atas terdapat menu dengan logo Mindtalk yang berfungsi untuk menampilkan fitur-fitur yang ada pada Mindtalk. Dan terdapat enam menu dibagain bawah yaitu Menu Stream atau bisa disebut sebagai timeline di Mindtalk, Menu Whisper berfungsi sebagai tempat membuat chatroom untuk satu orang atau lebih dan tersedia pula stiker yang menarik di dalamnya yang funsginya sama seperti emoticons. Menu Popular, yaitu menu yang menampilkan Popular Channel, Popular Articles, Popular Photos, dan Popular Videos yang sedang populer di Mindatalk. Menu Dialogue, menampilkan menampilkan orang yang menanggapi postingan anda. Menu Channel, yaitu menu yang menampilkan channel yang anda ikuti, dan terdapat juga rekomendasi channel yang sedang populer. Yang terakhir adalah Menu Posting yang berfungsi untuk memposting teks/update status yang dibatas 160 karakter dan memposting video dan gambar.
Tamplan Menu Utama


Fitur – Fitur

Mindatalk merupakan layanan atau aplikasi OTT yang dikatergorikan media komunikasi. Hal ini dikarenakan Mindtalk memiliki fitur-fitur dasar pada media komunikasi dimana anda dapat memposting teks, photo, dan video, anda juga dapat berkomunikasi dan berinteraksi dengan teman-teman anda melalui channel yang anda ikuti dan whisper. Berikut adalah fitur-fitur yang tersedia pada Mindtalk :

1. Update Status

Fitur ini berfungsi untuk memposting teks/update status yang dibatas 160 karakter dan memposting video dan gambar.

2. Edit Profil
Fitur ini digunakan untuk merubah informasi anda, seperti nama, tanggal lahir, foto profil, dan lainnya.

3. Channel
Seperti penjelasan di atas, Channel merupakan fitur yang menampilkan channel yang anda ikuti, dan terdapat juga rekomendasi channel yang sedang populer.

4. Create Channel
Pada fitur ini anda dapat membuat channel dengan kategori yang anda minati

5.Stream
Stream adalah fitur yang fungsinya sama seperti timeline atau menampilkan halaman utama pada Mindtalk.

6.Popular
Menu Popular, yaitu menu yang menampilkan Popular Channel, Popular Articles, Popular Photos, dan Popular Videos yang sedang populer di Mindatalk.

7. Menu Dialogue
Fitur ini digunakan untuk menampilkan orang yang menanggapi postingan anda.

8. Notifikasi
Fungsi fitur ini adalah memberikan pemberitahuan anda pada Mindtalk. Contohnya teman yang mulai men-support anda (sama seperti mem-follow atau menambahkan anda sebagai teman), dan memberikan pemberitahuan lainnya.

9. Setting
Pada fitur ini fungsinya ada tiga yaitu untuk mengedit profil anda, pengaturan notifikasi apakah pemberitahuan anda akan di silent (tidak bersuara) atau tidak. Dan Connect, disini anda dapat menghubungkan akun mindtalk anda dengan media sosial lainnya seperti Facebook dan Twitter.

10. Help
Help merupakan fitur bantuan yang fungsinya untuk membatu anda menggunakan aplikasi atau layanan ini.

11. Log Out
Fungsi fitur ini adalah untuk keluar dari Mandtalk, tetapi akun anda tetap tersimpan. Biasanya fitur ini digunakan jika anda ingin membuat akun baru atau membuka akun Mindtalk lainnya.

Kesimpulan

    Jadi kesimpulannya, Mindtalk merupakan aplikasi atau layanan messagener yang termasuk OTT karya anak bangsa. Aplikasi atau layanan ini memiliki fitur-fitur dasar messaging yang masih perlu ditingkatkan lagi, hal ini dikarenakan masih banyak kekurangan yang ada pada Mindtalk.

Screenshoot Mindtalk :


Fitur Create Channel

Fitur Dialogue

Fitur Edit Profil

Fitur Help

Fitur Notifikasi

Fitur Populer

Fitur Setting

Fitur Stream

Fitur Update Status

Fitur Channel

Fitur Log Out

Fitur Whisper